Minggu, 07 Juni 2020

Alumni FEBI ini Sukses Menjadi Dosen Dan Pengusaha, Kok Bisa???


Alumni Ini Sukses Menjadi Dosen Dan Pengusaha, Kok Bisa???


Assalamualaikum Sahabat FEBI..
Didalam sebuah Institusi apalagi Institusi pendidikan tentu saja kiprah seorang alumni sangat memiliki peranan yang strategis dalam perkembangan kemajuan Institusi itu tersendiri, karena akan membuktikan bahwa Institusi mampu membentuk ataupun mencetak generasi-generasi yang membanggakan dan mampu bersaing didunia nyata. Hal ini tentu saja disadari oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Jember, yang mana pada hari Rabu, 3 Juni 2020 yang dimulai pada pukul 19.00 WIB FEBI mengadakan “Halal Bi Halal  dan Ngobrol Santai Keluarga Besar FEBI dan Alumni” yang bertujuan tentu saja untuk menyambung tali silaturrahim antara civitas akademika FEBI IAIN jember dengan keluarga besar FEBI dan alumni FEBI IAIN Jember. Selain itu Halal Bi Halal ini sekaligus bertujuan guna merawat alumni-alumni FEBI IAIN Jember yang telah sukses meniti karir sesuai bidangnya masing-masing yang mana diharapkan agar mampu memberi inspirasi sekaligus motivasi kepada mahasiswa-mahasiswa FEBI IAIN Jember agar juga mampu meniti karir yang gemerlang.
Sahabat FEBI..
Kali ini tim jurnalis dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Jember akan sedikit memaparkan profi salah satu alumni FEBI IAIN Jember yang telah sukses menjadi Dosen sekaligus menjadi seorang entrepreneur muda. Siapakah beliau ???
Beliau adalah Rinda Quratul A’yun., S.E.,M.E,  seorang wanita multiperan kelahiran Jember, 23 oktober 1993 ini merupakan salah satu alumni FEBI IAIN Jember yang telah berhasil menyelesaikan studi S1 pada tahun 2016 dan S2 pada 2019 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Jember dan saat ini telah menjadi dosen pengajar di FEBI IAIN Jember.
Selain menjadi dosen, seperti yang telah dipaparkan diatas tad,i Istri dari Bapak Khoirus Sholeh ini juga merupakan seorang entrepreneur muda yang mempunya usaha kuliner di Jember. Diantara usaha kuliner beliau adalah : aneka masakan rumahan, ayam kriuk, ayam geprek, seblak dll, selain itu usaha beliau juga melayani prasmanan, catering box, tumpeng Dll. Usahanya beliau ini juga sudah mempunya outlite sendiri loh.
Berlatarbelakang dari keluarga pedagang membuat Mba Rinda sedikit tertarik untuk merintis usaha pula, mengapa bisnis kuliner yang sedang di gandrungi Mba Rinda ini beliau pilih ?
“Alasannya sederhana, karena saya suka kuliner dan berangkat dari itu saya menjadi suka masak, setelah saya mulai percaya diri karena hasil masakan saya dapat diterima orang lain, maka saya dan suami sepakat untuk memulai usaha kuliner ini” Pungkas beliau
Tidak afdhol rasanya kami tim jurnalis dari FEBI ketika mewawancarai Mba Rinda tidak mengulik proses organisasi yang beliau ikuti selama di bangku perkuliahan. Ya, beliau adalah termasuk mahasiswi yang aktif di organisasi intra maupun ekstra kampus, diantara organisasi yang beliau ikuti adalah:
-          HMJ Syariah pada tahun 2013 menjabat sebagai anggota Bid.Keilmuan
-          HMPS Perbankan Syariah pada tahun 2014 menjabat sebagai Ketua Umum
-          SEMA Institut pada tahun 2015 menjabat sebagai Bendahara Umum
Selain menjadi aktivis intra kampus, Mba Rinda juga mengikuti kegiatan ekstra kampus dengan aktif di PMII Rayon FEBI IAIN Jember. Bukti beliau aktif di PMII Rayon FEBI IAIN Jember adalah sempat menjadi Bendahara Umum di PMII Rayon FEBI, kemudia menjadi Bendahara Umum kembali akan tetpi ditingkatan yang lebih tinggi lagi yakni PMII Komisariat IAIN Jember.
Tidak selesai dirumah pergerakan, prestasi gemilang Mba Rinda ini tidak ada habisnya. Beliau terpilih menjadi salah satu penerima Beasiswa Gen-BI yakni program beasiswa bagi mahasiswa yang diadakan oleh Bank Indonesia. Tidak hanya itu beliau juga berperan pada acara yang diadakan Gen-BI diantaranya menjadi Sie. Humas di Gen-BI Jember dan Sie.Acara di Gen-BI Jawa Timur.
Saat kami tanya apa hal yang paling Mba Rinda rasakan besar manfaatnya sampai saat ini yang Mba Rinda dapatkan ketika masih menjadi mahasiswa ???
“Banyak sekali ilmu yang saya dapat ketika kuliah di IAIN Jember tentunya ketika saya aktif di Organisasi yang disana saya banyak bertemu berbagai macam tpe orang, belajar bagaimana me-loby, bagaimana mempromosikan diri sendiri dan untuk saat ini bagaimana memasarkan produk yang saya tawarkan” Ujar beliau dengan ramah.
Mba Rinda berpesan kepada mahasiswa FEBI IAIN Jember, “untuk adek-adek yang masih aktif kuliah harus senantiasa mengasah skill yang dimiliki, karena ilmu tanpa skill tidak bisa diterapkan sampai menjadi sesuatu hal yang bisa dibanggakan bahkan sesuatu pencapaian yang diinginkan. Misalnya yang suka masak diperdalam ilmunya dibarengi dengan praktek. Yang suka make up atau fotografi dan lain sebagainya. Dan lebih baik lagi sesuai dengan bidang yang ditempuh dimasa perkuliahan” Tangkasnya memberi semangat.
Motivasi Mba Rinda hingga dapat sukses menjadi dosen dan seorang entrepreneur muda adalah beliau ingin selalu bermanfaat bagi orang disekitarnya, menyerap tenaga kerja dan bagaimana menolong orang lain. Sangat luar biasa kan profil dari salah satu Alumni FEBI IAIN Jember ini, semoga dapat memotivasi lagi menginspirasi.